Minggu, 20 Juni 2010

MENGAKUI KESALAHAN BUKANLAH KELEMAHAN






Saat kanak-kanak dulu, betapa ngerinya kita mengakui kesalahan. Kita pasti akan dihukum berdiri di depan kelas, atau menerima jeweran, yang meski tak menyakitkan namun membuat hati terluka.

Kita tahu, kita dihukum bukan karena mengakui kesalahan, namun karena tak mau mengakui kesalahan pada waktunya.

Bahkan, kini pun masih banyak orang takut mengakui kesalahan. Padahal, dengan mengakui kesalahan dan bersedia menerima konsekuensinya, kita dapat tertidur dengan tenang di malam hari. Kita pun tak perlu takut untuk bangun keesokan harinya.

Mengakui kesalahan bukanlah pertanda kelemahan kita. Justru diperlukan kekuatan yang luar biasa besar untuk mampu melihat dan mengakui kesalahan yang telah kita perbuat.

Terlebih lagi untuk meminta maaf sekaligus membangun komitmen baru untuk memperbaikinya. Maka, sebagai manusia kita takkan bisa mencapai kesempurnaan. Hanya Allah saja yang Maha Sempurna.

Dengan mengakui kesalahan, kita membungkam semua celotehan dan mengubahnya menjadi rasa hormat.

Yang perlu kita lakukan adalah bertindak benar. Salah satunya, kita harus berani mengakui kesalahan, jika kita tidak berani mengakui kesalahan jangan lah berbuat salah, atau mendekati berbuat salah, walau ini sebenarnya sangat sulit, namun sulit bukanlah berarti tidak bisa....

0 comments:

Posting Komentar

you can get inspiration for our life and also you can read many articles about love,sport,company,knowledge,and many others wait for my updated ya..