Kamis, 10 Juni 2010

SEJAK BAYI, MANUSIA SUDAH PILIH-PILIH TEMAN



Pilih-pilih teman bukan dilakukan oleh orang dewasa saja. Sejak berusia beberapa bulan, bayi sudah mampu memutuskan akan bergaul dengan siapa. Jadi jangan heran kalau Anda ditolak oleh sejumlah bayi.

"Memutuskan dengan siapa seseorang bergaul : merupakan kemampuan penting bagi manusia dan mahluk sosial lain. Sebab kita harus bisa bekerjasama dengan orang lain," jelas pemimpin studi, Kiley Hamlin dari Yale Universit seperti yang dilansir Live Science.

"Dan mengetahui siapa yang bisa atau tidak bisa diajak bekerjasama menjadi informasi berharga saat kita memilih teman." Lanjut Hamlin.

Pertunjukan Boneka

Studi sebelumnya memperlihatkan bahwa sejak masa pra-sekolah kita sudah bisa memutuskan ingin duduk dekat siapa yang kira-kira berpotensi membantu kita jika terjadi masalah. Ternyata Hamlin dan timnya menemukan bahwa sejak usia bayi pun manusia sudah memiliki kemampuan ini.
Hasil studi ini secara detail dipublikasikan di jurnal Nature edisi November ini.

Hamlin dan timnya melakukan ujicoba terhadap kelompok bayi usia enam dan 10 bulan untuk diajak menonton pertunjukan boneka dengan berbagai bentuk wajah. Bayi-bayi cenderung memilih bentuk wajah yang bersahabat untuk didekati. Hamlin menyebut kemampuan ini sebagai kemampuan dimana bayi dapat memberdakan mana ekspresi wajah yang ramah atau yang sekiranya membahayakan bagi mereka.

Kemampuan ini memang belum sempurna, maka orang tua pun punya peran untuk mengembangkannya. Sejumlah permainan dan pengalaman akan membuat bayi mempertajam kemampuan ini.

Dasar Moral

Yang menarik, menurut Hamlin, kemampuan bayi membedakan siapa teman yang baik dan yang tidak ini merupakan langkah awal dari pembentukan moral mereka.

"Tentu ini masih spekulasi, tapi kami berpikir bahwa ini bisa jadi dasar sistem moral dimana manusia mampu membedakan dan menghargai perbedaan antara yang pro sosial dan antisosial," jelas Hamlin.

Wah, ternyata moral itu sudah bisa diketahui sejak kita masih bayi ya ?

Nah, kenapa sekarang kita bisa salah mencari teman sehingga salah pergaulan ? Mungkin jawabannya adalah : karena kita tidak menggunakan kepekaan bawaan kita sejak bayi untuk memilih teman atau karena “SALAH ASUHAN”...

0 comments:

Posting Komentar

you can get inspiration for our life and also you can read many articles about love,sport,company,knowledge,and many others wait for my updated ya..